Klik Salah Satu Untuk Beli Di Marketplace:

Manfaat Budidaya Ikan Pada Bak Terpal

Terpal merupakan salah satu alternatif dalam budidaya ikan baik skala produksi atau hanya sekedar hobby. Saat ini sudah banyak petani ikan berbudiya ikan menggunakan terpal. walaupun banyak juga petani yang menggunakan baliho bekas sebagai medianya.

Kolam terpal sendiri bisa di bilang praktis dan ekonomis dibandingkan menggunakan kolam permanen. Ada banyak jenis ikan yang dapat di budidayakan pada kolam terpal diantaranya ikan nila, ikan lele, ikan koi, ikan gurame, ikan mas maupun ikan hias.

toko terpal di bandung

Kelebihan Budidaya Ikan Menggunakan Terpal untuk kolam 

Dari kelebihan tentu ada juga kekurangan namun kita akan membahas dari kelebihannya terlebih dahulu. Budidaya ikan menggunakan terpal memang sedang tren di kalangan petani dan kelebihannya antara lain:

Biaya murah

Terpal memiliki beragam merk, ketebalan, warna dan kualitas. Menggunakan terpal dalam budidaya benar-benar bisa memangkas pengeluaran awal petani sebelum mulai berbudidaya ikan. Sebagai langkah awal pasti anda akan cek dimana yang jual terpal untuk kolam ikan? Untuk itu anda tidak perlu khawatir karena bisa langsung klik disini untuk pembelian.

jual terpal untuk kolam
jual terpal untuk kolam

Praktis

Tidak perlu lahan luas menggunakan terpal untuk kolam ikan dan tidak perlu bahan-bahan yang sulit di dapat. Sudah banyak yang menggunakan lahan belakang rumah atau depan rumah sebagai tempat budidaya ikan walaupun belum bisa skala produksi yang besar namun setidaknya dengan menggunakan terpal budidaya sudah berjalan.


Cocok untuk yang daerah kurang air

Pembudidaya yang tinggal di daerah pesisir pantai atau daerah-daerah yang sulit air sangat cocok menggunakan terpal sebagai kolam budidaya. Tinggal pengelolaan airnya saja yang harus dikuasai. Jadi, air kolam bisa di buat sirkulasi keluar dan masuk kembali dengan sistem filterisasi. Air akan tetap hemat dan tetap bersih.

kolam terpal

Menggunakan Kolam Terpal Suhu Air Lebih Stabil

Umumnya petani menambahkan sekam atau pasir dibagian bawah terpal kolam ikannya dengan asumsi dapat membuat stabil suhu air di dalam terpal. Perihal tersebut masih menjadi perdebatan namun dengan menggunakan terpal dan adanya penambahan cairan prebiotik akan membuat suhu air di dalam terpal menjadi stabil.

Ikan Tidak Berbau Tanah

Secara otomatis ikan tidak akan bau lumpur atau tanah saat di santap. Tidak seperti kolam-kolam ikan konvensional. Namun saat ini banyak juga para petani konvensional atau yang berbudiya ikan di kolam tanah akan menaruh hasil budidayanya selama 1 minggu di kolam terpal sebelum dikirimkan ke restaurant- restaurant perihal ini untuk mensiasati ikan agar tidak berbau tanah atau lumpur saat di masak dan di santap oleh konsumen.

toko terpal bandung

Panen Lebih Mudah

Pastinya akan lebih mudah panen tinggal buka saluran pembuangan dan tidak perlu waktu lama untuk air surut. Belum lagi air kolamnya dapat dipergunakan sebagai pupuk tanaman agar lebih cepat berbuah dan selalu segar.

Pengelolaan Lebih Cepat

Dengan kolam terpal cukup hitungan jam atau menit untuk proses pembuangan air tergantung dari luas kolam terpalnya. Kalo Anda berminat membeli kolam terpal ukuran besar bisa klik disini. Untuk proses pengeringan dan pembersihan terpal untuk budidaya selanjutnya di anjurkan di biarkan selama 3 - 4 hari agar bakteri-bakteri yang merugikan mati.

Berbeda dengan kolam tanah yang harus menunggu 5 - 7 hari untuk proses pengeringan belum lagi membalikkan lumpur agar tidak terjadi racun saat budidaya selanjutnya.

Lebih Mudah Dibersihkan

Untuk budidaya ikan di kolam terpal sisa-sisa pakan dan kotoran lebih mudah untuk dibersihkan dengan cara disedot.

Budidaya ikan kolam tanah pada umumnya jarang dibersihkan, kotoran ikan dan sisa-sisa pakan menumpuk di kolam. Sisa pakan dan kotoran ikan ini akan menghasilkan amonia dan hidrogen sulfida yang bersifat racun bagi ikan. 

toko terpal kolam bandung

Jarang Ada Hama dan Penyakit

Hama yang memangsa ikan atau benih jarang ditemui di kolam terpal. Selain itu juga ikan yang dibudidayakan di kolam terpal ini relatif jarang terserang penyakit.

Nah, demikian pembahasan budidaya ikan di kolam terpal semoga bermanfaat. Namun apabila anda ingin memulai budidaya dan membutuhkan terpal bisa menghubungi Toko terpal terdekat di bandung timur yaitu toko terpal bandung UD Barokah Jaya atau klik disini untuk info kontak toko terpal terdekat di tempat anda.

Toko ini jual terpal ukuran besar untuk kolam ikan, selain itu jual terpal untuk kolam lele baik berupa per segi maupun kolam terpal jenis bioplok. (Klik disini untuk baca : JUAL TERPAL BANDUNG TIMUR DAN JENIS - JENIS TERPAL)
jual terpal kolam lele



Komentar

Postingan Populer